Monday 20 May 2013

Syarat-Syarat Umum Beasiswa yang Penting



Dear sahabat maubeasiswa, banyak sekali beasiswa yang ditawarkan dari berbagai pihak dan juga banyak persyaratan-persyaratan yang perlu dipenuhi, dari semua persyaratan tersebut, berikut syarat-syarat umum yang diperlukan saat mendaftarkan beasiswa:

1) Nilai Indeks Prestasi (GPA) Minimum 3.00. Anda harus belajar dengan rajin untuk bisa mendapatkan IP minimum 3. dan bukan hanya itu tetapi juga akan dilihat setiap semesternya. lebih mendapatkan poin untuk peserta penerima beasiswa dengan IP yang trafiknya naik.

2) Kemampuan berbahasa Inggris. Biasanya acuan yang dipakai adalah IELTS min. 6,5 atau TOEFL min. 500

3) Batasan umur. Batasan umur yang ditetapkan berbeda-beda, namun untuk maksimal umur sampai 35 tahun. Tapi semuanya juga tergantung pada tingkatan beasiswa yang kita ingin inginkan, misal akademi, BA, pasca sarjana, doktor)

4) Keadaan finansial. Kemampuan ekonomi seseorang juga turut memengaruhi layak tidaknya ia mendapatkan beasiswa. Tapi untuk mendapatkan beasiswa dengan alasan ini kamu juga harus memberi bukti-bukti otentik bahwa kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Misalnya surat keterangan dari Pak RT/Lurah.

5) Formulir aplikasi. Formulir harus diisi selengkap-lengkapnya, sebenar-benarnya & sejelas-jelasnya. Sobat juga harus melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Biasanya di formulir ini juga ada essay mengenai alasan mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa itu, atau topik lain yang ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa

6) Pekerjaan, beberapa beasiswa mensyaratkan bahwa calon pelamar harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun, dan umunya yang memiliki kesempatan besar untuk mendaparkan beasiswa di luar negeri adalah Pegawai Negeri Sipil.

7) Surat rekomendasi dari profesor/dosen/pimpinan di tempat anda bekerja. Surat rekomendasi yang baik akan menjadi poin lebih yang menunjukkan bahwa kalian layak mendapat beasiswa di mata para reviewer/ penyeleksi beasiswa.


Nah, masih ada lagi persyaratan-persyaratan khusus lainnya yang berbeda pada setiap jenis beasiswa. Persyaratan-persyaratan umum ini menjadi basic/ dasar yang harus dipersiapkan dengan baik. ayo berjuang kejar beasiswa!! ^^



No comments:

Post a Comment