Thursday 23 May 2013

Melanjutkan Studi ke Inggris


Dear sahabat maubeasiswa, ingin melanjutkan studi ke Inggris, yuk kita lihat seperti apa sih situasi belajar di Inggris.

Inggris, atau The United Kingdom, merupakan salah satu negara maju di benua Eropa yang terus menerus berkembang.  UK merupakan tempat yang menyenangkan, modern, kosmopolitan, makmur dan progresif untuk tinggal, bekerja, maupun belajar. Standar mutu pendidikan di Inggris sangat digaransi oleh pemerintah, sehingga kualifikasi Inggris dikenal dan dihargai seluruh dunia dengan kualitas tinggi.

Mengapa memillih belajar di Inggris?

- Inggris dikenal sebagai salah satu pusat sejarah, kesenian, kebudayaan.

- Masyarakat Inggris bersifat multikultural

- Mutu pendidikan di tiap jenjang berkelas dunia yang diakui internasional

- Waktu studi yang singkat dibandingkan dengan negara lain, ini dikarenakan program yang lebih intensif 
sehingga lebih efisien dari segi waktu dan uang.

- Lingkungan belajar yang enerjik, kreatif, menarik dan menyenangkan

- Metode pengajaran dan pelatihan beragam yang tidak hanya mencakup penguasaan suatu materi, namun juga mendorong kemandirian siswa dalam pemikirannya.

- Asuransi kesehatan yang diberikan gratis bagi pelajar internasional.

- Biaya studi yang kompetitif

- Sebuah negara yang klasik punya banyak tempat menarik yang bisa dijadikan hiburan

- Kesempatan untuk berjalan mengelilingi negara lainnya di Eropa, dnegan biaya transportasi dan akomodasi yang khusus untuk pelajar.

Untuk melanjutkan studi di Inggris, kita memerlukan Sertifikat Penerimaan Belajar (Certificate of Acceptance of Studies/CAS) yang disediakan oleh lembaga pendidikan yang menjadi sponsor imigrasi kita. Sertifikat ini berisi informasi tentang data diri, sponsor, kuliah yang akan diambil, dan keuangan kita. Persyaratan-persyaratan lain untuk masuk ke Inggris kurang lebih sama; pengurusan visa, passport, konsultasi dengan agen pendidikan, juga ketentuan-ketentuan administrasi yang harus dibayarkan.

Inggris mempunyai banyak universitas dan perguruan tinggi yang diakui secara internasional.  Universitas-universitas tersebut memiliki mahasiswa-mahasiswa yang datang dari berbagai negara di dunia. Oleh karena itu, universitas-universitas tersebut bersifat multibudaya. Dan pemerintah inggris sangat bertoleransi terhadap keanekaragaman budaya, ras, atau agama. ditandai dengan tempat ibadah seluruh agama terbesar di dunia dapat  diakses dengan mudah.

Metode belajar akan bergantung pada jurusan yang diambil. Namun secara umum,  metode-metode tersebut akan seperti ini:
  1. Seminar (diskusi antara dosen dan mahasiswa)
  2. Tutorial (semacam bimbingan untuk mengerjakan tugas)
  3. Tugas praktik (laboratorium atau kuliah lapangan)
  4. Pelatihan di tempat kerja
  5. Penelitian mandiri
  6. Karya Tulis
  7. Ujian dan evaluasi
Biaya kuliah dan biaya hidup dapat dengan cepat meningkat. Kita harus mempertimbangkan biaya keseluruhan kuliah, lamanya akan tinggal di Inggris, biaya perjalanan, buku-buku, peralatan yg harus dibawa, dan biaya-biaya lainnya. Untuk biaya kuliah sendiri berkisar antara 5,000-10,000 poundsterling pertahunnya. 

Program undergraduate (S-1) di Inggris diselesaikan dalam waktu 3 (tiga) tahun. Tetapi, khusus untuk program S-1 Kedokteran memakan waktu 4-5 tahun. Sementara itu, program postgraduate (S-2) dapat diselesaikan hanya dalam waktu 1 (satu) tahun.

Pada umumnya, kuliah di bidang sains akan lebih mahal dibanding kuliah di bidang seni atau bisnis. Untuk menutupi biaya-biaya tersebut, sama halnya dengan studi di negara-negara lain, banyak tersedia part-time job atau lowongan kerja paruh waktu untuk mahasiswa. Biaya hidup di Inggris tergantung pada individu, karena sifatnya akan relatif. Namun untuk meminimalisir berbagai pengeluaran, kita bisa memanfaatkan sharing house atau tempat tinggal bersama dengan mahasiswa-mahasiswa luar lainnya, ataupun dengan membiasakan diri menggunakan transportasi umum sebisa mungkin.

Nah, sudah kebayangkan kalau belajar di Inggris bagaimana? Bagi yang ingin mengejar beasiswa ke Inggris, kalian bisa mencoba beasiswa Chevening yang setiap tahun diadakan oleh pemerintah Inggris. Beasiswa? Mau!!

No comments:

Post a Comment