Tuesday 21 May 2013

SAT dan ACT untuk Kuliah di Amerika


Dear sahabat maubeasiswa, untuk melanjutkan pendidikan ke Amerika, selain harus melalui syarat-syarat standar seperti TOEFL atau IELTS, kita juga diharuskan untuk melalui tahap tes lagi, yaitu SAT atau ACT.

Lalu apakah yang dimaksud dengan SAT atau ACT itu sendiri?

Keduanya merupakan bentuk tes kemampuan akademis yang bertujuan untuk mengetahui selayak apakah seseorang untuk dapat mengikuti pendidikan di Amerika. Selain itu, tes tersebut juga menentukan kemampuan seseorang dalam  menganalisis dan memecahkan suatu masalah.

Sebenarnya SAT dan ACT merupakan jenis tes yang sama. Namun, terdapat perbedaan dalam segi teknis. Oleh karena itu, disini akan sedikit diulas mengenai teknis dari kedua tes tersebut. Soal memilih dan menentukan mana yang lebih mudah atau lebih sulit, itu kembali pada kemampuan masing-masing.

SAT

- SAT terdiri dari 3 sesi tes, yakni: Critical Reading, Mathematics, dan Writing.

- Dalam sesi writing, materi yg diuji adalah grammar, vocabulary, usage, dan diction (pilihan kata).

- Dalam sesi Mathematics, yg diuji adalah number&operations, algebra&functions, geometry, statistics, probability, and data analysis.

- Dalam sesi Critical Reading, yg diuji adalah critical reading dan sentence-level reading.

- SAT cenderung berlaku di northeast (Toronto, Boston, Chicago, New York, Washington) , westcoast (San Fransisco, Denver, Los Angeles, Seattle, San Diego, dll)  dan eastcoast America (Philadelphia, New Jersey, Massachusetts, New York, dll.)

- Tes SAT tidak semuanya merupakan pilihan ganda/multiple choice.

- Dalam sistem penilaian skor SAT, jawaban salah dinilai minus.

(sat.collegeboard.org)



ACT

- ACT terdiri dari English 25%, Mathematics 25%, Reading 25%, Science Reasoning 25%.

- Penilaian skor ACT adalah berdasarkan jawaban yang benar, jawaban salah tidak dinilai minus.

- Dalam sesi Mathematics, trigonometri menjadi salah satu materinya.

- Multiple choice test.

- ACT banyak digunakan di Canada dan Midwest Amerika: Illinois, Iowa, Wisconsin, Kansas, Missouri, and Minnesota.

- Dalam sesi English, yg diuji adalah usage/mechanics dan rethorical skills.

- Dalam sesi Mathematics, yg diuji adalah algebra, geometry, dan trigonometry.(kalkulator diizinkan pemakaiannya).

- Dalam sesi Reading, yg diuji adalah kemampuan pemahaman membaca (reading comprehension), dimana jenis-jenis teks yg diberikan adalah prose fiction (short story atau potongan novel),  social science, humanities, dan natural science.

- Dalam sesi science reasoning , terdapat 7 teks yg diikuti 5-7 pertanyaan/teks, 3 teks berbentuk Data Representation dgn 5 pertanyaan/teks, 3 teks berbentuk Research Summary  dgn 6 pertanyaan/teks, dan satu teks berupa ‘Conflicting Viewpoints‘ dgn 7 pertanyaan/teks.

Berbeda dengan TOEFL atau IELTS, SAT dan ACT ini keseluruhan tesnya berupa soal tertulis, tidak ada sesi listening ataupun speaking. Dan materinya pun sudah sangat jelas bahwa tidak hanya kemampuan bahasa Inggris yg diuji, namun Matematika dan Sains juga.

Jika berencana utk sekolah atau kuliah di luar negeri,  wajib mengambil tes SAT atau ACT tersebut. Dan untuk memenuhi skor ideal, mungkin dibutuhkan sedikit kesabaran. Oleh karena itu, sebelum mengambil tes, akan sangat efektif jika Anda mengikuti Preparation Class-nya. Preparation Class ini bertujuan utk mempersiapkan kematangan dan sebagai proses latihan agar mampu mengerjakan soal SAT atau ACT pada saat tes sesungguhnya nanti, dan pada akhirnya skor ideal pun dapat dicapai.


No comments:

Post a Comment