Monday 13 May 2013

Rahasia Sukses Raih Beasiswa Fulbright


Dear sahabat maubeasiswa, meraih beasiswa ke luar negeri tentunya tidak mudah karena setiap tahunnya akan ada banyak sekali saingan untuk mendapatkan kesempatan emas tersebut. kali ini maubeasiswa ingin membagi tips rahasia untuk meraih beasiswa Fulbright.

Ada lima rahasia sukses yang disampaikan oleh Isye, perwakilan dari AMINEF.


  • Rahasia pertama, mengirimkan berkas sesuai deadline penyerahan berkas. Rata-rata penyerahan berkas pada tanggal 30 April.
  • Rahasia kedua adalah penulisan studi objektif dan proposal riset. Penulisan studi objektif dibuat oleh peserta yang ingin mendapatkan beasiswa S2. Sedangkan untuk program beasiswa S3 harus menuliskan keduanya, studi objektif dan proposal riset.
  • Rahasia ketiga, memilih jurusan yang ingin diambil dan universitas di Amerika, tempat yang akan menjadi tempat belajar. Pemilihan tersebut harus disertai alasan, dan itu harus dicantumkan di studi objektif.
  • Rahasia keempat adalah melampirkan sertifikat ITP TOEFL yang dengan skor yang sesuai dengan syarat beasiswa. Hampir seluruh beasiswa program Fulbright mensyarakat skor ITP TOEFL minimal 550. Setelah dinyatakan lulus berkas, biasanya peserta seleksi akan dites bahasa Inggris lagi, berupa tes GRE atau GMAT.
  • Rahasia kelima adalah sempurnakan studi objektif dan riset proposal menjadi syarat terakhir. Peserta seleksi bisa meminta bantuan dari alumni AMINEF yang dikenal, atau native speaker untuk mengoreksi tulisan tersebut.

Time line yang ditetapkan AMINEF yaitu April untuk penyerahan berkas. Tes wawancara dilakukan Juni, setelah dinyatakan lolos seleksi berkas. Agustus-September pengumuman terpilih, sementara Oktober pengajuan lima universitas yang diinginkan sebagai tempat belajar. Persiapan keberangkatan dimulai sejak Juni sampai September keberangkatan.

Surat-surat yang harus dilengkapi dalam berkas pendaftaran, antara lain formulir pendaftaran, surat rekomendasi dari institusi, sertifikat TOEFL, transkrip ijazah dan fotokopi identitas diri.

Nah, bagi yang ingin mencoba melanjutkan studi S2/S3 gratis di Amerika disarankan untuk mempersiapkan hal-hal di atas dari jauh hari sehingga bisa memberikan yang terbaik saat seleksi beasiswa Fulbright. Ayo berjuang demi kesempatan di tahun depan!



No comments:

Post a Comment