Sunday 12 May 2013

Apa itu Fulbright?


Dear sahabat maubeasiswa, banyak sekali jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah luar negeri dan salah satu di antaranya yang paling populer adalah beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat yang dikenal dengan sebutan beasiswa Fulbright.

 
Fulbright dipelopori oleh salah seorang senator di kongres AS yang bernama William J. Fulbright pada tahun 1945 dengan tujuan untuk meningkatkan cross-cultural relationship di antara seluruh entitas-entitas di dunia dengan masyarakat di Amerika Serikat. 

Konsekuensi logis dari tujuan ini adalah setiap grantee Fulbright diharapkan tidak hanya pergi melanjutkan studi di Amerika Serikat, tetapi juga diamanahkan untuk menjadi duta budaya di AS. Dengan kata lain, misalnya pelajar dari Indonesia, diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat Amerika yang pada umumnya masih sangat awam tentang Indonesia itu sendiri. Jadi, selain kuliah, pelajar pun mengemban tugas sebagai duta budaya walaupun dalam konteks yang tidak resmi.

Dengan tujuan di atas pula, maka Fulbright Foundation telah membuka kerjasama dengan berbagai negara yang ada di dunia dan yang paling diprioritaskan adalah negara-negara berkembang (developing country) sehingga tidaklah mengherankan bahwa sebagian besar grantee Fulbright berasal dari negara-negara yang terletak di benua Afrika, Amerika Selatan, dan Asia. Keseluruhan grantee pun bertanggung jawab untuk memperkenalkan kebudayaan masing-masing negara mereka sehingga diharapkan terjalin pemahaman yang komprehensif, tidak parsial, tentang negara mereka oleh masyarakat AS. 

Tidak hanya itu, pada momen-momen tertentu, keseluruhan grantee Fulbright akan diajak untuk berkumpul di suatu tempat, misalnya konferensi di negara bagian tertentu, untuk saling mengenal lebih dekat lagi. Dalam momen itu, bertemulah para penerima beasiswa ini yang berasal dari berbagai negara di dunia. 




Jenis-jenis beasiswa yang ada dalam program Fulbright:


Master degree, Fulbright punya tiga jenis beasiswa. Fulbright Master Degree Programs, Fulbright-Freeport Master’s Degree, dan Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program. Fulbright-Freeport Master’s Degree, merupakan program kerjasama antara Fulbright dan Freeport untuk Masyarakat Papua yang telah lulus S1 atau S2 untuk mendapat beasiswa di bidang metalurgi, geologi, teknik geologi, teknik listrik, teknik sipil atau teknik mesin.

Sedangkan, Fulbright-DIKTI Master’s Degree merupakan kerjasama Fulbright dengan DIKTI yang memberi kesempatan kepada tenaga pengajar tetap di PTN atau PTS yang ingin melanjutkan S2.

Untuk Ph.D program, Fulbright punya tiga jenis beasiswa, Fulbright Presidential Scholarship Program, International Fulbright Science and Technology Award for Ph.D dan Fulbright-DIKTI Ph.D Program.

Sementara, untuk Reseach Program Fulbright memiliki empat jenis beasiswa. Fulbright Doctoral Dissertation Reseach Program, Fulbright-DIKTI Doctoral Dissertation Reseach Program, Fulbright Senior Reseach Program dan Fulbright-DIKTI Senior Reseach Program. Bedanya Doctoral Dissertation reseach Program dengan Senior Reseach Program, yaitu Doctoral Dissertation reseach Program diperuntukkan bagi kandidat doktor yang ingin melakukan penelitian, sedangkan Senior Reseach Program diperuntukkan badi doktor yang ingin melakukan penelitian.


Adapun program lain, Fulbright Foreign Language (Indonesian or Javanese) Teaching Assistant (FLTA) Program, Hubert H. Humprey Fellowship Program for Mid Career Professionals, Community College Summit Initiative Program, Global Undergraduate Exchange Program, dan The International Leadership in Education.



Untuk info lebih jauh, silahkan kunjungi website AMINEF di http://www.aminef.or.id/.

 

No comments:

Post a Comment