Wednesday 22 May 2013

Belajar ke Luar Negeri : University or College?


Dear sahabat maubesaiswa, bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan di luar negeri, mungkin akan dibuat sedikit bingung dengan istilah ‘university’ dan ‘college’. Keduanya sama-sama merupakan lembaga pendidikan tinggi yang ditempuh setelah jenjang SMA.

Secara umum, perbedaan university dan college yang paling mendasar terletak pada jenjang dan program studi yang ditawarkannya. University biasanya menyediakan jenjang dan program studi yang variatif. Jenjang dimulai dari diploma, S1, sampai jenjang post-graduate (S2 dan S3). Selain itu, university juga menawarkan berbagai macam program studi / jurusan di dalamnya.

Sementara itu, college menyediakan jenjang karier yang lebih terbatas dibanding university. Biasanya diploma saja, atau S1 saja. Atau bisa keduanya ada, namun biasanya tidak tersedia jenjang post-graduate setelah itu. Program studi / jurusan yang tersedia pun biasanya terdiri dari satu rumpun bidang saja. Misalnya, bidang sains saja, atau seni saja. Contoh: the Royal College of Art, the American College of Cardiology.

Selain perbedaan tersebut, sistem pengajarannya pun berbeda. Di university, kita akan banyak mempelajari materi secara detail, namun di college, materi hanya terbatas pada apa yang diperlukan untuk diaplikasikan ke dalam praktek kerja. Disinilah kemudian muncul istilah, ‘university is for higher learning while college is applied or practical learning‘.

University

-Mendapatkan gelar
-Minimum masa belajar 4 tahun.
-Pendidikan yang lebih tinggi
-Persyaratan masuk yang lebih sulit
-Biaya pendidikan yang lebih tinggi
-Ruang kelas lebih besar
-Mempersiapkan murid untuk edukasi yang lebih mendalam.

College

-Mendapat sertifikat diploma
-Masa belajar 1- 3 tahun
-Pelajaran praktek dan aplikasi
-Persyaratan masuk lebih mudah
-Biaya pendidikan yang lebih murah dan kesempatan kerja tambahan selama belajar
-Ruang kelas lebih kecil dan suasana lebih bersahabat
-Mempersiapkan murid untuk siap terjun ke dunia kerja.

Sudah jelas perbedaan antara university dan college, selanjutnya apa yang Anda ingin pilih ada di tangan Anda. Keduanya memiliki plus-minus masing-masing.

Setelah lulus dari college, Anda bisa melanjutkan studi Anda ke jenjang yang lebih tinggi misalnya S1 atau transfer. Anda hanya harus menempuh pendidikan di universitas selama 1 sampai 2 tahun saja. Oleh karena itu, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya kuliah di universitas itu sendiri.



No comments:

Post a Comment