Tuesday 21 May 2013

GRE dan GMAT, Modal Penting untuk Beasiswa di Amerika


Dear sahabat maubeasiswa, mengejar pendidikan di Amerika khususnya untuk gelar master/pasca sarjana dan doktoral wajib memiliki nilai GRE/GMAT.

Apa itu GRE? Dan apa itu GMAT?


GRE adalah kependekan dari Graduate Record Examination, yakni sebuah bentuk tes standar yang  dirancang utk mengukur kemampuan seluruh lulusan dalam akademi alam umum atau sains, tidak melihat bidang atau pengutamaan mereka. GRE ini tesnya terdiri dari 3 sesi: verbal, quantitative, dan analytical writing.

Sementara itu, GMAT merupakan kependekan dari Graduate Management Admission Test. GMAT ini sebenarnya merupakan tes yang serupa dengan SAT, ACT, dan juga GRE. Keempat bentuk tes tersebut sama-sama merupakan sebuah tes yang berfungsi untuk menguji kemampuan akademis dasar seseorang apakah dia layak atau tidak untuk melanjutkan pendidikan di luar Amerika. Selain itu, keempat bentuk tes tersebut tidak menguji kemampuan khusus dari satu bidang yang akan seseorang ambil kelak sebagai major-nya, namun sebatas kemampuan-kemampuan dasar seperti bahasa Inggris, Matematika, Sains, juga kemampuan memecahkan kasus/masalah.

Baik GRE maupun GMAT, keduanya adalah tes yang harus diambil oleh mereka yang akan kuliah postgraduate (master atau Phd) di Amerika, dan masa validnya 5 tahun.

Lantas apa perbedaan GRE dan GMAT?

  • GRE tersedia di 165 negara, sementara itu GMAT tersedia di  110 negara.
  • GMAT hanya dilayani dengan computer-based, sementara itu selain menggunakan computer-based, GRE menawarkan paper-based test di negara-negara yang angka penggunaan komputernya rendah.
  • Biaya tes GRE biasanya lebih rendah dari biaya tes GMAT.
  • GMAT biasanya lebih dominan dibutuhkan oleh business school, namun GRE lebih umum atau ke bidang sains.
  • GRE terdiri dari 75 menit Analytical Writing section, 30- menit Verbal Reasoning section, dan 45 menit Quantitative Reasoning section.
  • GMAT terdiri dari 30 menit Analytical Writing Assessment sections, 75 menit Quantitative Ability section dan 75 menit Verbal section.

Untuk informasi mengenai pengalaman mengikuti tes GMAT, bisa dibaca di blog ini:
http://metalbesarrr.wordpress.com/2013/03/10/americandream-menerjang-tes-gmat/
Cukup lengkap dan detail serta bisa dijadikan acuan bagi kalian yang ingin mencoba. Ayo berjuang!


1 comment:

  1. Berikut Materi2 GRE untuk meningkatkan Nilai GRE dan mencapai Kampus Ranking 100 Besar Dunia:
    http://www.4shared.com/folder/5hTCmhnw/Materi-Materi_Ujian_GRE.htm

    ReplyDelete