Monday 8 April 2013

Persiapkan diri untuk beasiswa dalam negeri tahun 2013!



Setiap tahunnya, berbagai beasiswa ditawarkan oleh banyak pihak, seperti pemerintah, universitas maupun swasta. Bantuan pendidikan ini ditujukan bagi siapapun yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa menggunakan biaya/ gratis maupun dengan bantuan biaya (potongan biaya).  Jumlah beasiswa yang ditawarkan pun bervariasi dan terbatas, tergantung program yang diadakan setiap tahunnya dan yang pasti berbanding jauh dengan jumlah peminat beasiswa yang sangat banyak. Untuk itu persiapan yang baik diperlukan agar bisa meraih kesempatan beasiswa.

Berikut ini adalah jenis-jenis beasiswa dalam negeri yang bisa dipersiapkan untuk tahun 2013/2014. 


Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), seperti:


  • Beasiswa Unggulan
yang bertujuan untuk merekrut calon dosen atau tenaga pengajar Perguruan Tinggi Negeri/Swasta untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Pendaftaran umumnya awal Maret – April.
  • Beasiswa Dikti
untuk para dosen pengajar tetap PTN/PTS, pendaftaran dimulai secara online Juli-Oktober.
  • Beasiswa Bidik Misi
diperuntukkan untuk siswa yang tidak mampu. Di tahun 2013 beasiswa ini dibagikan kepada 30.000 siswa merata di seluruh PTN Indonesia.  Untuk jalur undangan dimulai Maret dan jalur SMPTN dimulai Mei. Adapula universitas yang membuka calon seleksinya sendiri.
  • Beasiswa Fast Track
untuk mahasiswa yang lulus S1 dalam kurun waktu 4 tahun dan memiliki IPK di atas 3.25. Beasiswa ini merupakan bagian dari beasiswa unggulan dan pendaftaran dibuka sepanjang tahun.

Cek Beasiswa Kemdikbud di: www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id


Beasiswa dari perusahaan swasta:

  • Beasiswa Sampoerna,
diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi dan berjiwa kepemimpinan. Pendaftaran dibuka sekitar awal Juni. 

  • Beasiswa Djarum ,
diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh S1, umumnya pendaftaran  dibuka sekitar April.

  • Beasiswa BCA,
diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang minimal telah menyelesaikan semester 2, pendaftaran dibuka September.

  • Beasiswa CIMB / BUTIK CIMB
diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprofesi sebagai pengusaha selama masa kuliah, untuk program S1 dan D3, selain itu CIMB juga menyediakan beasiswa untuk S2 dan S3 di luar negeri. Biasanya pendaftaran dibuka Juni. 

  • Beasiswa Blackberry,
bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung/ ITB menyediakan 18 beasiswa master dan doktor untuk beasiswa riset di ITB. Beasiswa ini ditawarkan bulan Mei.


Detail lengkapnya bisa dicek di website perusahaan sekitar waktu pendaftaran.

  • Beasiswa Universitas, dibuka oleh universitas-universitas dan waktu bervariasi. Umumnya bagi pelajar berprestasi dan waktu sekitar awal pendaftaran perkuliahan.

Detail lengkapnya bisa dicek di website universitas-universitas yang dituju.

Beasiswa-beasiswa di atas hanyalah sebagian dari banyaknya besaiswa yang tersedia di dalam negeri.
Masih banyak lagi beasiswa lain dan beasiswa luar negeri yang merupakan kesempatan bagi siapapun yang ingin terus belajar.

Maka dari itu jangan pernah patah semangat! Berjuang terus dan pantau terus twitter @maubeasiswa dan like FB Mau Beasiswa untuk info-info beasiswa terbaru. Beasiswa? MAU??




No comments:

Post a Comment