Thursday 11 April 2013

AYO! Kejar 50.000 Beasiswa S1 BIDIK MISI 2013 !


Dear Sahabat maubeasiswa, artikel kali ini akan membahas mengenai Beasiswa Bidik Misi yaitu Beasiswa dari Kemendikbud/ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bagi siswa SMA yang kurang mampu namun berprestasi untuk bisa kuliah di PTN / Perguruan Tinggi Negeri maupun PTS / Perguruan Tinggi Swasta (lebih diutamakan PTN).

Sekedar informasi, tahun 2013 ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menargetkan 50.000 mahasiswa penerima beasiswa yaitu 47.000 untuk beasiswa PTN dan 3000 untuk beasiswa PTS.
 
Beasiswa Bidik Misi sendiri mulai diberikan mulai tahun 2012 lalu dan diberikan melalui seleksi yang lebih ketat dibandingkan dengan beasiswa unggulan lainnya. Hal ini karena beasiswa Bidik Misi tidak hanya diberikan kepada semua siswa kelas XII saja namun melalui seleksi khusus. Jika beasiswa lain diberikan setelah mengikuti seleksi tertentu, beasiswa ini lebih ditekankan pada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu. Dengan demikian, tidak semua siswa kelas XII bisa mengajukan beasiswa Bidik Misi ini.


Sebelum proses seleksi berlangsung maka pihak sekolah membuat pendaftaran di di sini. Sekolah membuat pendaftaran dengan mengklik link Pendaftaran di atas laman ini, akan terbuka empat link, yaitu Masyarakat (sistem yang dikhususkan untuk masyarakat yang ingin melihat, melapor kegiatan Bidik Misi), Sekolah (membuat pendaftaran dan mengisi data), Siswa/Alumni (mengisi formulir dan beberapa data penting), serta Mahasiswa (hanya melakukan monitoring pendaftaran).



Pendaftaran Sekolah


Sekolah melakukan pendaftaran Bidik Misi tahun 2013 di sini Ada dua pilihan yang diajukan, yaitu Belum Terdaftar dan Sudah Terdaftar. Untuk sekolah yang belum terdaftar bisa mengklik link Belum Terdaftar, pada laman ini akan diberikan alternatif pemilihan, yaitu Pilihan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Nama Sekolah. Setelah mendapatkan Nama Sekolah dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang tertera maka bisa mengklik Masuk lalu mengganti Password agar bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Untuk sekolah yang Sudah Terdaftar tinggal memasukkan NPSN dan Kode Akses.


Pada dasarnya pendaftaran sekolah pada Bidik Misi tidak jauh berbeda dengan pendaftaran sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Semua data yang diperlukan mulai nama sekolah, jenis, status akreditasi, identitas kepala sekolah juga wajid diisi. Namun ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu NPSN di PDSS harus sama dengan NPSN di Bidik Misi, jika tidak sama maka bisa diganti pada Ubah Data sebelah kanan atas laman ini. Hal ini tentu tidak boleh ada perbedaan NPSN sekolah karena antara PDSS dengan Bidik Misi saling berhubungan satu sama lain.


Setelah proses pendaftaran selesai maka hal berikutnya adalah mengisi nilai UNAS namun tidak wajib, lalu prestasi siswa di sekolah (juga tidak wajib), kemudian data siswa. Untuk tahun 2013 ini, pihak penyelenggara – dalam hal ini Bidik Misi di bawah Kementerian Pendidikan Nasional mewajibkan pengisian data siswa yang sudah lulus tahun 2012 dan siswa yang akan lulus tahun 2013. Pengisian data ini dilakukan bukan hanya untuk siswa yang berminat mengikuti Bidik Misi semata. Langkah terakhir adalah melakukan Finalisasi data siswa, sebelum mengklik Finalisasi disarankan agar semua siswa sudah tercantum namanya karena tidak bisa diinput lagi setelah selesai finalisasi.


Nama-nama siswa yang sudah tercatat dalam laman Bidik Misi berhak mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Pihak sekolah memberikan rekomendasi kepada siswa dengan mengisi Jumlah Nilai dan Rangking pada Semester 4 dan 5.




Pengisian Data oleh Siswa


Siswa-siswa yang sudah diberikan rekomendasi oleh sekolah maka akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. Dengan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ini siswa bisa login  di sini . Siswa bisa mengisi biodata lengkap. Biodata yang perlu diisi meliputi biodata diri, data keluarga, keadaan ekonomi keluarga, rencana hidup pada saat kuliah dan terakhir upload data penting – ini yang tidak bisa ditinggal karena bisa menggagalkan kelulusan. Data penting tersebut antara lain Surat Keterangan Tidak Mampu, Foto Rumah Tampak Depan, Foto Ruang Keluarga, Foto Diri serta Foto Seluruh Anggota Keluarga.


Bagi siswa yang sudah menyelesaikan keseluruhan pengisian data ini berhak mengklik Pilih Seleksi dan memberikan tanda centrang pada beberapa pernyataan yang menyatakan persetujuan akan data yang telah diisi. Setelah mencentrang pernyataan tersebut barulah siswa bisa memilih proses seleksi, yaitu SNMPTN Undangan dan SNMPTN Mandiri (yang sudah dibuka saat ini). Jika SNMPTN Undangan pilihan PTN disesuaikan dengan data yang diisi di sini dan di sini, sedangkan SNMPTN Mandiri disesuaikan dengan PTN yang bersangkutan yang memberikan Bidik Misi.


Tidak jauh berbeda dengan SNMPTN, setelah proses pengisian biodata selesai maka tahap terakhir adalah dengan mencetak Kartu peserta Bidik Misi. Kartu ini bisa dicetak setelah semua proses selesai dilakukan.

Proses seleksi yang dianggap rumit ini bisa memberatkan sebagian sekolah yang belum begitu paham dengan sistem yang ditawarkan oleh Bidik Misi. Namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan pendaftaran. Jika tahun ini tidak mendaftar mungkin bisa dilakukan tahun depan lagi. Kesempatan mendapatkan Bidik Misi sangat besar bagi siswa berprestasi dan terkendala dalam biaya. Bidik Misi memberikan beasiswa untuk siswa berdasarkan data yang telah diisi, termasuk termasuk foto-foto yang memberikan cerminan kelayakan mendapatkan beasiswa ini.
 Penerima beasiswa Bidik Misi memang berbeda tiap universitas, hal ini disesuaikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Walaupun demikian, pihak sekolah tidak perlu berkecil hati untuk tidak merekomendasikan siswa yang benar-benar layak mendapatkan beasiswa yang diberikan sampai empat tahun masa kuliah ini.


Berikut informasi mengenai Beasiswa Bidik Misi 2013


Jadwal Penting Bidikmisi 2013

  • Pendaftaran Sekolah dalam program Bidikmisi 2013 dilaksanakan mulai tanggal 12 Desember 2012 s/d Agustus 2013
  • Pendaftaran Siswa dalam program Bidikmisi 2013 untuk SNMPTN PPA (d/h Undangan) direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2013 s/d 11 Maret 2013
  • Pendaftaran Siswa dalam program Bidikmisi 2013 untuk SBMPTN direncanakan mulai tanggal 28 April 2013 s/d 2 Juni 2013
  • Pendaftaran untuk masing masing seleksi menunggu keputusan panitia.
Catatan : walaupun pendaftaran sekolah masih diberikan waktu cukup panjang, pastikan sekolah sudah mendaftar sebelum batas akhir pendaftaran siswa untuk masing masing seleksi.
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengisian PDSS 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran 1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi 28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi 11-12 Juni 2013

 

Persyaratan Pendaftaran Program Bidikmisi

 

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2013 adalah sebagai berikut:

1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013;
2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut:

  1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
  2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:

  1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  3. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN atau
  4. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Bagan Prosedur Pendaftaran Program Bidikmisi


 Dan selengkapnya bisa dibaca Pedoman Bidik Misi 2013 di sini

 

Sahabat maubeasiswa yang sebentar lagu lulus SMA, sayang sekali bila melewatkan kesempatan beasiswa Bidik Misi tahun ini yang kuotanya cukup besar yaitu 50.000 beasiswa. Perlu diingat bahwa beasiswa ini sendiri khusus bagi yang kurang mampu dan memenuhi persyaratan di atas ^^

Ayo! Ga ada lagi alasan tidak kuliah karena tidak ada biaya! Kalau mau berusaha pasti bisa! ayo kejar beasiswa Bidik Misi ini!! Berjuaang!!




Ditulis oleh: Lily
Sumber: 
http://bidikmisi.dikti.go.id
http://guraru.org/guru-berbagi/mengejar-beasiswa-bidik-misi/

No comments:

Post a Comment