Wednesday 24 April 2013

Beasiswa studi S2 dari Yayasan Jepang


Dear sahabat maubeasiswa, ternyata banyak juga loh yayasan-yayasan Jepang yang menyediakan beasiswa bagi pelajar internasional untuk melanjutkan S2 nya di Jepang. Yuk kita lihat beberapa yayasan dan penjelasan mengenai beasiswa yang disediakan! ^^

Ito Foundation Scholarship

 

Ito Scholarship Foundation 

Ito Foundation adalah salah satu yayasan di Jepang yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya. Ito Foundation menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing baik yang sudah berada di Jepang maupun yang masih berada di negara asal. Khusus bagi yang masih berada di negara asal, peserta beasiswa harus yang berasal dari universitas yang berafiliasi dengan salah satu graduate school di Jepang. Target penerima beasiswa ini terbatas hanya untuk para mahasiswa yang akan melanjutkan studi master (S2) di Jepang, apapun bidang studinya.
Seperti kebanyakan beasiswa, beasiswa dari Ito Foundation ini juga mengharuskan penerimanya mengurus sendiri semua hal yang berkaitan dengan akomodasi dan studinya. Selain itu, beasiswa ini juga mensyaratkan penerima menguasai kemampuan bahasa Jepang saat pendaftaran beasiswa.
Besaran beasiswa yang akan diterima oleh mahasiswa terbilang  besar, yaitu 180.000 yen per bulan, dengan durasi studi maksimum 2 tahun. Kuota penerima beasiswa juga cukup sedikit, yaitu hanya 10 orang. Penerima beasiswa disyaratkan untuk melaporkan hasil studinya secara berkala selama masa studi S2, dalam bentuk laporan riset, transkrip nilai, dan lain-lain. Pendaftaran dibuka setiap awal Oktober dan ditutup akhir Oktober untuk keberangkatan April tahun berikutnya. Info lebih rinci mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di website Ito Foundation Scholarship:  http://www2.itofound.or.jp/.

Honjo Foundation Scholarship

Honjo Foundation Scholarship 

Di Jepang cukup banyak yayasan milik pribadi yang menyediakan beasiswa. Honjo Foundation adalah salah satunya. Yayasan yang didirikan bos perusahaan minuman ITOEN yang sangat terkenal di Jepang ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang akan melanjutkan studinya di Jepang untuk jenjang pascasarjana, terutama tingkat doktoral. Walaupun difokuskan kepada mahasiswa doktoral, namun tidak menutup kemungkinan beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa program master (S2). Selain itu, beasiswa ini tidak menetapkan batasan bidang studi bagi para penerima beasiswa ini, jadi mahasiswa di semua bidang studi bisa mendaftar.
Beasiswa Honjo Foundation mengharuskan penerimanya mengurus sendiri semua hal yang berkaitan dengan akomodasi dan studinya. Selain itu, beasiswa ini juga mensyaratkan penerima menguasai kemampuan bahasa Jepang saat pendaftaran beasiswa (interview akan dilakukan dalam bahasa Jepang).
Beasiswa ini menawarkan 3 skema yang bisa dipilih oleh para penerima beasiswanya, disesuaikan dengan durasi studi masing-masing, yaitu:
  1. 200.000 yen per bulan selama 1 atau 2 tahun
  2. 180.000 yen per bulan selama 3 tahun
  3. 150.000 yen per bulan selama 4 atau 5 tahun
Selain biaya hidup per bulan, beasiswa ini juga menyediakan dana untuk kepentingan international conference. Kuota penerima beasiswa ini adalah 15-20 orang per tahunnya. Penerima beasiswa disyaratkan untuk menjalani interview setiap bulannya dengan pihak pemberi beasiswa, dan juga harus mengikuti acara-acara yang diselenggarakan oleh pemberi beasiswa. Pendaftaran dibuka setiap awal Oktober dan ditutup pada akhir November untuk keberangkatan April tahun berikutnya.
Selain untuk mahasiswa yang menempuh program bergelar, Honjo Foundation juga menawarkanfellowship untuk para periset yang ingin melakukan riset di salah satu universitas di Jepang. Durasifellowship yang ditawarkan adalah 1 tahun, namun bisa diperpanjang hingga maksimum 2 tahun. Besaran fellowship yang ditawarkan berkisar antara 500.000 yen hingga 3.000.000 yen, dan akan diputuskan besarannya berdasarkan case-by-case. Info lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di websiteHonjo Foundation Scholarship.

Inpex Foundation Scholarship

Inpex Foundation Scholarship 

Inpex Foundation merupakan yayasan yang didirikan oleh salah satu perusahaan minyak di Jepang, INPEX. Yayasan ini menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi master (S2) di universitas di Jepang. Target penerima beasiswa dibatasi pada mahasiswa yang berada di lingkup natural science.
Walaupun tidak mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang, namun Inpex Foundation menyarankan penerima beasiswa untuk belajar bahasa Jepang untuk mempermudah proses penerimaan mahasiswa di Universitas di Jepang. Besaran beasiswa yang akan diterima mahasiswa adalah 160.000 yen per bulan, ditambah dengan biaya administrasi kuliah (administration fee,tuition fee, etc), dan tiket pesawat ekonomi PP Indonesia-Jepang.
Selain itu, mahasiswa juga akan menerima tunjangan kedatangan sebesar 60.000 yen pada saat kedatangan. Kuota penerima beasiswa Inpex Foundation ini cukup sedikit, yaitu hanya dibatasi sampai 3 orang per tahun. Pendaftaran beasiswa dibuka sekitar bulan Oktober dan ditutup bulan November, untuk keberangkatan bulan September tahun berikutnya. Info lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di website Inpex Foundation Scholarship.


sumber: http://beasiswa.ppijepang.org/

No comments:

Post a Comment