Wednesday 10 April 2013

Lulus SMA, Mau Kuliah Apa??


Dear sahabat maubeasiswa yang masih SMA, sudah tahu mau melanjutkan pendidikan di mana dan jurusan apa? Nah, pertanyaan ini pasti sering kalian dengar menjelang akhir SMA kelas 2 dan harus dijawab dengan baik saat SMA kelas 3, karena hal inilah yang akan menentukan pendidikan lanjutan dan masa depan karir kalian.

Pilihan ini pun tidak boleh salah, karena masa kuliah 4 tahun tidak boleh disia-siakan. Bila salah melangkah, kalian akan rugi banyak hal: usia, uang, semangat belajar, bahkan kalo kalian salah pilih jurusan dan ga lulus-lulus bertahun-tahun, kalian pasti mendapat malu ^^

Sedangkan bila pilihan kalian tepat, cepat dan menyenangkan, niscaya perjalanan pendidikan kalian 4 tahun ke depan selama S1 pasti lancar dan bisa menghasilkan hasil yang memuaskan. 

Selain itu, ada keuntungan lain bila kalian bisa menentukan jurusan dengan cepat dan tepat. Kalian bisa mendaftar universitas pilihan kalian di gelombang paling awal yang biayanya lebih murah dibanding gelombang akhir dan juga bila mengkuti beasiswa prestasi, kesempatan kalian untuk terpilih lebih besar bila mendaftar duluan!

Lalu, bagaimana cara menentukan pilihan yang cepat, tepat dan yang pastinya bermanfaat banyak bagi masa depan, ayuk kita simak tips-tipsnya:


1) Tentukan mimpi dan tujuanmu


Mimpi yang dimaksud adalah cita-cita atau keinginan kamu di masa depan. Apakah kamu ingin menjadi dokter? pengusaha? arsitek? karena dari sinilah bisa terlihat minat dan jurusan yang kamu bisa pilih. 

Selanjutnya adalah tujuan. Apa tujuan kamu setelah mimpimu tercapai? Misalnya, karena kamu pecinta binatang maka kamu ingin menjadi dokter yang bisa menyembuhkan segala penyakit hewan, atau misalnya pengusaha, kamu ingin menjadi pengusaha sukses melanjutkan usaha keluargamu di bidang tekstil, dll.

Tujuan akan memspesifikasi minat dan jurusan yang telah kamu pilih, ini juga bisa membantumu untuk memilih jurusan apa atau spesialisasi apa yang akan kamu ambil nantinya setelah S1.

Lalu, bagaimana yang masih bingung ingin menjadi apa, tujuan hidup apa dan minat apa?

Bila masih bingung, coba sisakan waktu untuk merenung dan menuliskan hal-hal dan kegiatan apa yang kamu paling suka. Buat daftar di kertas dan amati, misalnya:

Apa yang saya suka:
- drama Korea
- film
- komputer
- menggambar
- menulis cerita
- menyanyi

Buat daftar sedetil mungkin dan sebanyak mungkin tentang apa yang kamu sukai. Dari daftar yang saya buat di atas bisa dilihat apa yang saya sukai dan dicocokan dengan jurusan yang sesuai dengan kesukaan saya.

Yang paling menonjol adalah komputer, film, drama, menyanyi dan menulis cerita. Semua memiliki kemiripan dan bisa ditarik kesimpulan bahwa saya tertarik dengan dunia entertainment / kreasi dan jurusan Mass Communication/ Media massa lah yang cocok dengan kesukaan saya.

Sahabat beasiswa yang mencoba dan bingung jurusan apa yang sesuai bisa kami bantu, cukup komentar di bawah dan akan kami usahakan untuk menyarankan jurusan mana yang sesuai dengan minat anda.


 2) Cari informasi dan spesifikasi mengenai jurusan yang ingin diambil dan apa saja yang dipelajari.

 

Hal ini akan membantu kalian memperkirakan, apa saja sih yang akan kalian pelajari selama perkuliahan dan apa saja yang harus dipersiapkan agar selama kuliah nilai kalian bisa bagus dan stabil. Informasi mengenai jurusan juga akan membantu kalian untuk mengetahui, profesi apa yang bisa kalian lakukan setelah lulus kuliah.


3) Perguruan Tinggi Negeri? Swasta? Dalam Kota? Luar Kota?

 

Setelah jurusan, hal penting yang harus diperhatikan adalah Perguruan Tinggi atau universitas tujuan. Umumnya, Perguruan Tinggi Negeri-lah yang menjadi favorit dan setiap tahunnya, seluruh siswa SMA dari seluruh propinsi berjuang merebut kursi melalui tes SMPTN. Namun, persaingan yang ketat dan sulit kadang bisa menggeser tujuan universitas yang sesungguhnya.

Sebenarnya banyak pertimbangan dan tawaran-tawaran menarik selain kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Perguruan Tinggi Swasta pun sekarang lebih berkembang, menawarkan banyak program pendidikan seperti double-degree, international exchange atau akselerasi. Program-program ini bisa menjadi nilai lebih. Selain itu, sudah banyak perusahaan yang juga mau merektrut pegawai dari Perguruan Tinggi Swasta.

Penentuan Perguruan Tinggi sebaiknya berasal dari Perguruan Tinggi mana yang memiliki jurusan yang kalian pilih dan telah terakreditasi "A" oleh Kementrian Pendidikan. Ini akan menentukan kualitas dosen dan pembelajaran kamu selama kuliah. Belum tentu Perguruan Tinggi Negeri X memiliki semua jurusan yang terakreditasi A, siapa tahu Perguruan Tinggi lain yang khusus di jurusan yang kamu pilih lebih bagus.

Selanjutnya yang sering menjadi pertimbangan adalah lokasi Perguruan Tinggi. Sebaiknya disesuaikan dengan kondisi ekonomi, situasi lingkungan dan kemandirian diri kalian. Bila memang memungkin kan untuk berkuliah di luar daerah atau bahkan di luar negeri, kenapa tidak? Namun perlu diingat, konsekuensi dari pilihan tersebut. Yang pasti kuliah di luar daerah dan jauh dari orang tua akan lebih sulit dan melelahkan, namun kemandirian dan disiplin kalian akan lebih terlatih.

Dan yang paling penting adalah pergaulan selama kalian berada di luar daerah. Hindari pergaulan yang tidak baik dan fokus belajar, karena tujuan kalian di sana adalah untuk menuntut ilmu. Bukan berarti jadinya tidak gaul ya ^^; tetap bergaul, belajar, menikmati perkuliahan dengan cara positif!


4) Persiapkan pendaftaran tepat waktu dan cobalah jalur beasiswa bila Perguruan Tinggi tujuan membuka kesempatan beasiswa. 

 

Maksudnya pendaftaran tepat waktu adalah secepat mungkin setelah kamu telah menentukan tujuan. Biasanya Perguruan Tinggi telah membuka pendaftaran di akhir tahun atau semester 1 kelas 3 SMA. Semakin awal gelombang, biaya akan semakin murah dan juga kesempatan lebih besar, terutama bila kamu berprestasi (biasanya nilai semua pelajaran rata-rata di atas 8 ) bisa mendaftarkan beasiswa apabila Perguruan Tinggi yang kamu tuju menyediakan program beasiswa.


5) Persiapkan diri sebaik mungkin untuk Tes Seleksi Perguruan Tinggi

 

Hal ini sangat penting karena akan menentukan biaya awal masuk Perguruan Tinggi. Semakin bagus hasil tes maka biaya akan semakin murah. Kalian bisa menanyakan kepada senior-senior yang sudah berkuliah di tempat tujuan mengenai pengalaman mereka dalam tes seleksi.

Informasi tersebut akan sangat membantu pada saat tes seleksi, terutama saat tes interview. Kalian bisa memperkirakan pertanyaan apa yang akan ditanyakan dan menjawab dengan tenang sehingga hasil tes menjadi baik.


6) Setelah diterima, jangan lengah! UAN masih menanti!

 

Diterima di Perguruan Tinggi bukan berarti kalian telah selesai. Masih ada Ujian Nasional yang menanti di bulan April. Perjuangan menempuh UAN akan lebih sulit dan penting. Mengapa? Karena semuanya akan sia-sia bila kamu tidak lulus UAN. Perlu diingat bahwa kalian baru bisa berkuliah setelah lulus Ujian Nasional. Walupun ada Paket C sebagai "cadangan penyelamat" kalian pasti lebih "bangga" bila lulus Ujian Nasional murni dengan usaha sendiri dan dengan nilai terbaik. Maka dari itu terus belajar dan berlatih mengisi soal. Jangan pernah berpikir untuk mencontek karena kalian sendiri yang akan rugi ^^

Selain nilai menjadi tidak murni, kalian akan mendapat masalah bila ketahuan mencontek. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan diri kalian sebaik mungkin!



Nah, 6 langkah di atas sebenarnya sangat umum dan mudah dilakukan. Nampaknya sederhana dan mungkin sepele, namun sebenarnya langkah tersebut sangatlah penting. Masa 4 tahun kuliah akan sangat berbeda dengan masa-masa sekolah kalian saat SMP, SMA karena kalian dituntut untuk mandiri, selain itu pelajaran pun akan lebih mendalam dan spesifik sesuai bidang. 

Saran maubeasiswa adalah jangan pernah menentukan kuliah di mana karena ikut-ikutan teman karena minat orang pasti berbeda. Apabila kalian tidak suka dengan jurusan yang kalian ambil, akibatnya akan fatal. Kalian akan sulit dalam mencerna pelajaran kuliah, bosan dan ujung-ujungnya menjadi malas dan kuliah terbengkalai. Sedangkan bila kalian menyukainya, walaupun perkuliahan sulit kalian pasti niat dan rajin menekuninya karena rasa penasaran terhadap hal yang kalian sukai akan tinggi dan berujung dengan prestasi tersendiri serta kepuasan dalam menjalankan perkuliahan.

Ayo! tunggu apa lagi? Mari persiapkan diri sebaik mungkin sekarang juga! Semangaat!!




Ditulis oleh: Lily


3 comments:

  1. Kak, bantuin buat mencocokan jurusannya dong.. kira-kira apa ya kalo gini :
    -Online (fangirling)
    -Nonton film/drama
    -Ngedance/nari

    '3' makasih kak bantuannya ><
    dan sekiranya mau tanya juga kalau masuk ke Jurusan Bahasa Korea, setelah lulus pekerjaan apa yang biasanya cocok dgn jurusan tsb? Trims

    ReplyDelete
  2. kak saya masih bingung memilih jurusan. saya suka dengan
    - teater
    - menggambar (meski gambaranku gak bagus bgt)
    - menyanyi ( meski gak tau cara nyanyi)
    - mengutak atik photoshop
    - suka teknologi tp fisika susah
    - jadi lebih suka kimia
    - suka alam
    - geografi

    tolong bantu saya kak memilih jurusan

    ReplyDelete
  3. bantu saran kak,
    aku anak kelas 2 sma jurusan ipa tapi justru mapel-mapel basic ips nilaiku bagus-bagus .aku sudah sadar bahwa bakatmu di ipa hanya pada mapel biologi
    bagaimana baiknya kak?

    ReplyDelete