Monday 8 April 2013

Belajar di Korea, mau?

Hi Sahabat maubeasiswa, mau tahu bagaimana sih kalau kita belajar di Korea? Yuk kita lihat pembahasan singkatnya ^^

Seiring dengan perkembangan Hallyu atau Korean Wave, saat ini Korea Selatan juga mulai mengenalkan pendidikan tingginya kepada dunia internasional. Kampus-kampus di Korea baik itu swasta maupun negeri mulai keluar dan membidik mahasiswa asing untuk belajar di Korea. Saat ini ada kurang lebih 200 perguruan tinggi di Korea Selatan yang menawarkan berbagai program kepada mahasiswa asing baik itu program belajar bahasa, S1, S2, maupun S3. Menurut data dari National Institute for International Education (NIIED) sampai tahun 2009 ada kurang lebih 78,050 mahasiswa asing yang belajar di Korea. Jumlahnya dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. 

Saat ini diperkirakan ada kurang lebih 40,000 warga negara Indonesia yang tinggal di Korea. Mereka kebanyakan adalah para pekerja Indonesia. Sedangkan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Korea kurang lebih 500 orang. Mereka tergabung dalam PERPIKA, Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan. Sebagian besar dari mereka tinggal dan belajar di kota-kota besar di Korea seperti Seoul, Busan, Incheon, Daegu, dan Daejeon. Jumlah mereka semakin tahun juga semakin meningkat.

Sistem pendidikan tinggi di Korea Selatan hampir sama dengan sistem pendidikan di Amerika yaitu perlu empat tahun untuk menyelesaikan S1, dua tahun S2, dan lima tahun S3. Namun ada beberapa sekolah yang mengabungkan S2 dan S3 sehingga mereka dapat selesai kuliah S2 dan S3 selama empat sampai lima tahun. Ada banyak cara untuk sekolah di Korea Selatan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

(1) Akademik

Korea mempunyai empat musim; semi, panas, gugur, dan dingin. Akademik di Korea dimulai pada  musim semi yaitu pada bulan Maret. Siswa-siswa SMA di Korea selesai ujian nasional pada bulan Desember sehingga tahun ajaran baru bagi mereka adalah pada musim semi. Namun demikian biasanya mereka juga membuka pendaftaran pada musim gugur yaitu pada awal bulan September. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi  mahasiswa asing yang biasanya selesai ujian nasional pada bulan Juni.

Semester Musim Semi : Maret – Juni (15-16 minggu)
Musim Panas: Juni – Agustus (3-6 minggu)
Catatan: tidak semua kampus punya kelas di musim panas.
Semester Musim Gugur : September – Desember (15-16 minggu)
Musim Dingin: Desember – Februari (3-6 minggu)
Catatan: tidak semua kampus punya kelas di musim dingin.
 
(2) Program

Kebanyakan perguruan tinggi di Korea masih mengunakan bahasa pengantar Bahasa Korea khususnya untuk jurusan S1. Siswa harus belajar bahasa Korea dan lulus ujian Bahasa Korea Test of Proficiency in Korean (TOPIK) minimal level 3 dari maksimal level 6. Biasanya perlu waktu satu tahun untuk belajar bahasa Korea dan lulus TOPIK 3. Namun demikian seiring dengan internasionalisasi banyak universitas yang menawarkan program internasional yaitu dengan mengunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. 

(3) Pembiayaan 

Ada banyak cara untuk kuliah di Korea baik itu melalui jalur beasiswa yang ditawarkan pemerintah Korea maupun universitas. Untuk program beasiswa dapat melihat ditautan ini: www.niied.go.kr. Sedangkan untuk beasiswa dari universitas harus langsung mendaftaran ke universitas. Bentuk beasiswa universitas ada berbagai macam: ada yang menawarkan 100% biaya kuliah dan hidup, ada yang biaya kuliah saja, dan sebagainya. 

(4) Kehidupan Mahasiswa 

Kebanyakan perguruan tinggi di Korea mempunyai asrama. Kebanyakan mahasiswa tinggal di asrama kampus. Biaya tinggal di asrama antara USD 100-300 per bulan. 

(5) Biaya Hidup 

Biaya hidup di Korea akan bergantung dari gaya hidup mahasiswa. Biasanya untuk sekali makan di Korea harganya sekitar USD 3-5. Sedangkan untuk makan di dalam kafetaria kampus harganya lebih murah sekitar USD 2.5-3.

(6) Internasionalisasi Pendidikan di Korea 

Sejalan dengan internasionalisasi pendidikan, ada beberapa sekolah yang benar-benar internasional. Maksudnya selain bahasa pengantarnya bahasa Inggris, mahasiswa dan dosennya juga berasalah dari berbagai negara. Salah satunya adalah SolBridge International School of Business yang berlokasi di Daejeon, Korea. SolBridge adalah satu sekolah bisnis yang unik karena:
- 100% bahasa pengantarnya Bahasa Inggris
- 80% siswanya bukan berasal dari Korea. Mereka berasal dari lebih 35 negara
- 80% dosennya juga bukan berasalah dari Korea 

Informasi lebih lanjut: www.solbridge.ac.kr


4 comments:

  1. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    ReplyDelete
  2. Kak ada nggak SMA nya ke korea? Tapi melalui beasiswa

    ReplyDelete
  3. Info beasiswa SMA di korea Selatan..

    ReplyDelete
  4. Kalau SMA Ke korea Beasiswa nya ada gak ya

    ReplyDelete