Tuesday 30 April 2013

3 Hal Penting Diingat Mengenai Beasiswa


Dear sahabat maubeasiswa, setiap tahunnya, ribuan mahasiswa bersaing mendapatkan beasiswa untuk keperluan pembiayaan akademik. Macam beasiswa pun beragam mulai dari beasiswa penuh, beasiswa tahunan, atau beasiswa pembiayaan tugas akhir. Penyelenggaranya pun banyak, selain dari instansi negeri, perusahaan swasta pun tak kalah unjuk taring dalam program Coorporate Social Responsibility (CSR)-nya. Persaingan mendapatkan beasiswa kadang adalah hal yang sangat sulit.

Namun, jangan dulu putus harapan! Untuk meningkatkan kesempatan meraih beasiswa pilihan, misalnya dengan melamar ke banyak beasiswa. Sayangnya beberapa beasiswa akan meminta Anda untuk melakukan banyak hal sebagai persyaratan, membuatnya menjadi hal yang perlu untuk disiasati. Apalagi dengan kesibukan mahasiswa yang tergolong tinggi, sulit untuk memenuhi syarat satu beasiswa, terlebih lagi melamar beberapa beasiswa. Terkadang dokumen penting akan saling terselip di antara beberapa dokumen beasiswa.
Perlu diingat bahwa proses persiapan dokumen dapat membuat Anda memenangkan atau  awal dari penolakan beasiswa. Pastikan bahwa Anda mendapat formulir dan memenuhi persyaratannya sedini mungkin sehingga Anda tidak perlu membuang waktu untuk memenuhi persyaratan dokumen seluruh beasiswa dalam waktu yang sama. Di bawah ini adalah beberapa poin penting dalam persiapan mengajukan beasiswa. Sederhana, namun menjadi bencana ketika tidak diperhatikan.


1. Bacalah instruksinya dengan seksama

Walaupun poin ini sederhana, banyak mahasiswa ditolak setiap tahunnya hanya karena salah atau tidak mengikuti aturan mainnya. Seperti yang dibahas di atas, banyak dokumen yang kadang terselip dengan dokumen lain. Pastikan Anda mengikuti aturan mainnya dengan baik, mulai dari ukuran font essay, kelengkapan dokumen, pas foto, maupun amplop yang digunakan. Jangan lupa untuk memeriksa ulang apa yang telah Anda periksa sebelumnya.

2. Pastikan essay dan dokumen tersusun rapi dan terorganisasi

Sangat disarankan untuk mengetik essay Anda. Mengetik dengan komputer sangat mempermudah Anda, dan program seperti Microsoft Word atau Open Office membuat essay Anda lebih mudah untuk dikoreksi, terutama pada spelling errors. Anda pun dapat menyimpan essay Anda pada backup drives sehingga mempermudah dalam melakukan cetak ulang dokumen. Namun hal terpenting dari semuanya ialah ketikan memberikan kesan formal karena terlihat lebih rapi dan terorganisasi.

Jika aplikasi beasiswa mengharuskan Anda untuk menulis tangan, pastikan tulisan tangan Anda rapi. Luangkan waktu hanya untuk menulis sebagus mungkin. Hati-hati dengan kebocoran tinta atau noda lain seperti cipratan kopi. Mengirimkan form aplikasi yang kotor mencerminkan kepribadian yang jorok dan tidak bertanggung jawab, satu hal menuju penolakan beasiswa.

3. Konsultasikan tata bahasa Inggris kepada dosen/guru untuk koreksi essay

There is no better advice than that from an expert. Jika Anda ingin essay Anda sempurna dari kesalahan tata bahasa, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan pengajar Bahasa Inggris Anda. Anda tidak perlu menulis essay dengan kalimat indah selayaknya pujangga. Hal penting ialah Anda menulis essay dengan baik dan tanpa kesalahan. Pengajar Bahasa Inggris Anda dapat memeriksa dan memberikan tips bagaimana Anda mengembangkan ide essay Anda sebelum mengirimkannya ke instansi beasiswa. (Disarikan dari artikel “3 Things to Keep in Mind During Scholarship Aplications)



sumber: http://mti.ti.itb.ac.id
 

No comments:

Post a Comment