Tuesday 9 April 2013

Aliansi Perhimpunan Pelajar Indonesia Internasional / OISAA

Dear sahabat maubeasiswa, kali ini maubeasiswa akan membahas mengenai Perhimpunan Pelajar Indonesia Internasional atau yang biasanya disingkat PPI sedunia/ OISAA.

Apa itu OISAA??

OISAA (Overseas Indonesian Student Association Alliance) atau Aliansi Perhimpunan Pelajar Indonesia Internasional adalah wadah komunikasi pelajar Indonesia yang sedang menuntut pendidikan serta penelitian di luar negeri. Perhimpunan Pelajar Indonesia ini sendiri bisa menjadi keluarga besar kawan-kawan yang sedang menuntut ilmu di luar negeri. OISAA pertama kali dibentuk pada bulan Oktober 2007 dalam Konferensi Internasional Pelajar Indonesia (KIPI) di Sydney, Australia. Peresmian yang dihadiri oleh Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono tersebut melibatkan perwakilan PPI dari 7 negara, yaitu Australia, Belanda, India, Jepang, Malaysia, Mesir, dan Singapura.

Saat ini, PPI yang telah terdaftar sebagai anggota OISAA berasal dari 45 negara, yaitu Australia, Austria, Arab Saudi, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Belanda, Belgia, China, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hungaria, India, Inggris, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko, Mesir, Kanada, New Zealand, Norwegia, Pakistan, Perancis, Philipina, Polandia, Portugal, Rusia, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Sudan, Syiria, Taiwan, Thailand, Turki, Tunisia, dan Yemen.

Berikut beberapa link website resmi yang tergabung dari PPI dunia:



DUNIA = OISAA - twitter: @oisaa


DUNIA = RADIO PPI DUNIA - twitter: @radioppidunia

Radio PPI Dunia merupakan radio online atau streaming yang disiarkan lewat internet dan bisa didengarkan melalui situs http://www.radioppidunia.org. Penyiar Radio PPI Dunia adalah pelajar atau mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di berbagai negara di seluruh dunia.



 
I-4 adalah untuk mengakomodasi dan mengorganisasikan potensi ilmuwan Indonesia di seluruh dunia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia demi kemajuan Indonesia. Selengkapnya mengenai I-4 dapat ditemukan di http://www.i-4.or.id/
Pada Simposium Internasional 2010 di London, Inggris, PPI Australia dan PPI Perancis terpilih menjadi koordinator dan wakil koordinator OISAA sampai dengan SI selanjutnya.


JEPANG = PPI Jepang - twiitter @ppijepang


KOREA = PERPIKA - twitter @Perpika


AUSTRALIA = PPIAustralia - twitter @PPIAustralia

SINGAPURA = PPI SINGAPURA - twitter @PPISingapura

MALAYSIA - twitter @ppimalaysia

BELANDA - twitter @PPI_DenHaag



THAILAND - twitter @permitha

INGGRIS = PPIUK- twitter @ppiuk

FILIPINA = PPIFILIPINA - twitter @PPIfilipina

SWEDIA = PPI SWEDIA - twitter @ppiswedia

RUSIA = PERMIRA RUSIA - twitter @PERMIRARUSIA


 AMERIKA = Permias LA - twitter @PermiasLA


BELANDA = PPI Belanda - twitter @ppibelanda



JERMAN = PPI JERMAN - twitter @ppijerman



TAIWAN = PPT Taiwan - twitter @PPITaiwan



PERANCIS = PPI Prancis - twitter @ppiprancis


INDIA = PPIIndia - twitter @PPIIndia



AUSTRIA = PPI AUSTRIA - twitter @PPIAustria


TURKI = PPI TURKI - twitter @ppiturki


SYRIA = PPI SYRIA - twitter @PPISyria


Nah, bagi sahabat maubeasiswa yang penasaran dan ingin tahu bagaimana sih kalau belajar di luar negeri? Kalian bisa mengunjungi website-website negara tujuan kalian di atas dan bertanya pada senior-senior dari Indonesia yang telah belajar di sana, selain itu kalian juga bisa melihat banyak informasi, kegiatan-kegiatan, dan juga informasi beasiswa. PPI / Perhimpunan Pelajar Indonesia adalah keluarga besar, jadi tidak usah takut bila ingin belajar di luar negeri, akan ada banyak teman-teman dan senior dari Indonesia yang bersedia membantu. Ayook! Beasiswa di luar negeri? MAAUU??


Ditulis oleh: Lily ( Sumber: Website-website resmi PPI )
 

No comments:

Post a Comment