Monday 17 June 2013

Apa itu Beasiswa Gates Cambridge?


Dear sahabat maubeasiswa, semuanya pasti kenal dengan orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft yaitu Bill Gates. Kali ini akan dibahas beasiswa yang berasal dari yayasan Bill dan Melinda Gates yaitu beasiswa Gates Cambridge.


Program beasiswa ini telah dimulai sejak tahun 2000 atas hasil donasi Bill dan Melinda Gates Foundation sebanyak US$210 miliar atau sekitar 2 juta triliun Rupiah bagi Universitas Cambridge. Program ini merupakan salah satu program beasiswa internasional yang paling prestisius di seluruh dunia. Para penerima beasiswa bisa memilih program yang ditawarkan dari seluruh departemen yang ada di Universitas Cambridge. Saat ini, terdapat lebih dari 230 pelajar di Cambridge yang berasal dari 80 negara berbeda. Tak hanya itu, program beasiswa Gates Cambridge juga telah menelurkan lebih dari 1000 alumni yang berasal dari 90 negara di seluruh dunia. Setiap tahunnya sebanyak 90 beasiswa ditawarkan; 40 di Amerika, dan 50 diantaranya ditawarkan di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Mendaftar?

Ada dua jenis aplikasi pendaftaran yang bisa kamu ikuti:

1. Aplikasi Standar (via Kantor Penerimaan Pasca-sarjana)

Untuk mengajukan permohonan beasiswa, kamu harus mendaftar sebagai mahasiswa pasca-sarjana di Universitas Cambridge sekaligus mengajukan aplikasi untuk beasiswa Gates Cambridge. Ingat, kamu harus memilih keduanya. Kemudian, kamu bisa memilih salah satu program studi pasca-sarjana. Pengajuan aplikasi dilakukan di kantor penerimaan pasca-sarjana Universitas Cambridge. Ini berlaku bagi kamu yang ingin memilih prodi apapun selain MBA atau Master of Finance. Kamu tidak bisa langsung mengajukan permohonan beasiswa tanpa mendaftar di Universitas Cambridge terlebih dulu.

2. Aplikasi untuk MBA dan Master of Finance

Untuk pengajuan program MBA dan Master of Finance, kamu harus langsung mengajukan ke Judge Business School, dengan menggunakan fasilitas pendaftaran online di situs ini

Yang Diperbolehkan Mengajukan Program Beasiswa:

1. Warga negara asli selain warga negara Inggris
2. Mengajukan aplikasi untuk program berikut: PhD (tiga tahun penelitian), MSc atau MLitt (dua tahun penelitian), serta program pasca-sarjana satu tahun (MPhil, LLM, MASt, Diploma, MBA, dll)
3. Mahasiswa Universitas Cambridge yang ingin mengajukan kuliah pasca-sarjana baru
4. Mahasiswa Universitas Cambridge yang ingin mengajukan beasiswa keduanya (lanjutan).
Sekali lagi, untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus mengajukan aplikasi sebagai mahasiswa pasca-sarjana sekaligus mengajukan beasiswa Gates Cambridge dengan menggunakan form aplikasi yang sama dalam waktu yang bersamaan pula.

Apa Saja Dokumen yang Diperlukan?

1. Form aplikasi GRADSAF
2. Transkrip nilai
3. Dua referensi akademis
4. Satu referensi personal
5. Skor tes bahasa Inggris
6. Proposal penelitian dan contoh karya tulis kamu.

Referensi personal berisikan mengenai penilaian anda mengenai siapa yang pantas menerima beasiswa ini, yang meliputi beberapa kriteria seperti: kemampuan intelektual, jiwa kepemimpinan, komitmen untuk mensejahterakan kehidupan orang lain, serta kecocokan antara kriteria pelamar dengan penawaran beasiswa Gates Cambridge. Referensi bisa ditulis sepanjang 4000 kata. Selain referensi personal, para pelamar juga harus menyerahkan personal statement (tidak lebih dari 500 kata) yang menjelaskan mengapa kamu pantas menerima beasiswa ini.

Deadline Pengajuan Aplikasi:

· Putaran pertama: warga negara USA — tanggal 16 Oktober
· Putaran kedua: seluruh warga negara kecuali USA dan Inggris — tanggal 4 Desember

Proses Seleksi:

1. Pemeringkatan Departemen – dipilih pelamar terbaik untuk masing-masing departemen berdasar prestasi akademik
2. Shortlisting – komite program akan meninjau aplikasi yang dikirimkan sesuai kriteria, dan menyeleksi beberapa untuk diwawancara
3. Wawancara – kandidiat terpilih akan melalui tes wawancara dan dinilai sesuai kriteria
4. Seleksi Final – para juri akan memilih kandidat terbaik setelah melalui tahap wawancara untuk dapat menerima beasiswa Gates Cambridge

Fasilitas:
1. Biaya kuliah
2. Tunjangan hidup sebanyak 13.000 Poundsterling atau hampir 200 juta Rupiah
3. Tiket pesawat negara asal-Inggris

Kebijakan Lainnya:

Pihak The Trust (lembaga amal yang didirikan Bill dan Melinda Gates) juga memberikan biaya tambahan bagi beberapa kondisi ‘spesial’ berikut:
1. Tunjangan keluarga: mencapai 7,775 Poundsterling untuk anak pertama, dan 1,200 Poundsterling untuk anak kedua
2. Biaya mengikuti konferensi sebesar 500 Poundsterling
3. Kerja lapangan – sebagai bagian tunjangan pemeliharaan saat kuliah PhD
4. Pendanaan bagi kesulitan – jika ada

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi situs resminya.

1 comment:

  1. terima kasih infonya
    bagi temen2 yang mau belajar bahasa ingris
    mampi yuk Kampung Inggris

    ReplyDelete